Sabtu, 27 April 2013

Review pembicara Septyan Bayu Anggara (PWK 08)


Berdasarkan penelitian, jumlah penduduk Indonesia saat ini 237juta dengan perbandingan jumlah penduduk yang menjadi mahasiswa hanya sebesar 2%. Keadaan ini jelas sangat memprihatinkan karena mahasiswa merupakan bibit yang di buat secara matang untuk membangun Negara kita. Maka dari itu kita sebagai penduduk yang bisa sebagai mahasiswa, bisa dikatakan sebagai orang orang terpilih. Kita bukannya harus menyombongkan diri melainkan kita harus berkontribusi untuk Indonesia. Sebagai bagian kecil yang hanya sebesar 2%, kita harus bisa menopang penduduk lainnya yang sebesar 98%. Maksud dari menopang disini yaitu kita harus bertanggung jawab kepada mereka, membangun bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik.
Dengan menjadi mahasiswa kita bisa melakukan pergerakan mulai dari hal kecil. Buatlah satu gerakan kecil di kampus, misalnya komunitas anti keresek atau komunitas pecinta sepeda dan lain sebagainya. Komunitas ini menggerakkan hal kecil tapi manfaatnya sangat besar.
Mahasiswa itu sebernarnya kerjanya apa hanya kuliah pulang dan tugas? Buat kita yang sadar akan peran mahasiswa, sebenarnya mahasiswa itu bisa menjadi pengaruh yang besar buat bangsa. Kenapa tidak? Aspirasi masyarakat bisa didengar pemerinta melalui mahasiswa, melalui aksi dan pergerakan. Tetapi hal yang harus digaris bawahi, aksi yang dilakukan bukanlah aksi yang anarkis, aksi yang rusuh, merusak fasilitas umum, dsb. Kita harus menyampaikan aspirasi secara baik baik dan memberi solusi untuk kita semua.
Peran mahasiswa juga bisa sebagai social control. Dimana kita mengkaji masalah sosial yang ada di masyarakat, kita analisis dan kita cari jalan keluar untuk kesejahteraan bersama.
Hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari pembicaraan ini yaitu kita sebagai mahasiswa bisa berpengaruh besar untuk bangsa. Maka manfaatkan segala kesempatan yang ada mulai dari hal kecil misalnya membuat satu komunitas yang bermanfaat atau bahkan membuat aksi untuk menjawab segala aspirasi masyarakat.
Kalo untuk saya sendiri saya ingin mengembangkan dan memperluas komunitas yang membantu orang orang yang berkebutuhan khusus karena mereka bukan untuk ditelantarkan. Tetapi mereka harus tetap dibangun semangatnya, kemampuan terpendamnya, dan kita perjuangkan haknya. Karena kita tau mereka bisa seperti itu bukan karena keinginan mereka, maka dari itu kita harus membantu dan membimbing mereka agar mereka bisa merasakan hidup seperti kita dan tidak ditelantarkan atau disepelekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar